Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Mengatasi Google Play Store Error

Banyak pengguna Android mengalami error pada aplikasi Google Play Store-nya. Proses download aplikasi yang gagal atau Google Play Store yang tidak dapat dibuka adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna Android.

Beberapa contohnya “Google Play Retrieving Information From Server”, “Google Play Error 491”, “Google Play Error RPC”, atau “Google Play Error No Connection”. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Jika ya, berikut adalah cara-cara mengatasi error pada Google Play Store.

Periksa waktu dan tanggal

Google selalu memeriksa waktu dan tanggal Anda untuk menjalankan Play Store. Jika waktu dan tanggal tidak sesuai, akan timbul masalah pada Play Store. Untuk memperbaiki masalah ini, ubahlah waktu dan tanggal di smartphone Anda. Anda dapat memilih format pendeteksian waktu dan tanggal secara otomatis. Tetapi jika Play Store masih error, cobalah untuk mengatur tanggal dan waktu secara manual.

Periksa koneksi internet

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun dengan mengecek koneksi internet nyatanya dapat memecahkan masalah. Cobalah untuk beralih dari jaringan WiFi ke data seluler atau sebaliknya.

Perbarui Google Play

Hal ini mungkin jarang terjadi, namun terkadang smartphone yang kita gunakan tidak melakukan pembaruan Play Store secara otomatis. Jika Play Store Anda mengalami error, tidak ada salahnya untuk mengecek versinya. Dan pastikan Anda sudah menggunakan versi yang terbaru.

Perbarui Google Play services

Selain Play Store, Anda juga harus meng-install Google Play Service versi terbaru. Karena untuk dapat beroperasi, Google Play Store membutuhkan Google Play Service. Jadi, usahakan untuk mengecek versi Google Play Service Anda, jika sudah tidak up-to-date, segera lakukan pembaruan.

Bersihkan cache dan data Google Play

Dalam beberapa kasus, masalah pada Google Play Store dapat terselesaikan dengan mengosongkan cache. Cache adalah tempat penyimpanan data sementara sehingga data aplikasi dapat cepat dibuka tanpa perlu dimuat ulang. Coba pergi ke menu pengaturan -> pengelolaan aplikasi dan pilih aplikasi Google Play Store, lalu klik tombol clear cache. Jika masalah belum terselesaikan, coba hapus juga data pada aplikasi Play Store dengan klik tombol clear data.

Sign-in ulang

Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah menonaktifkan VPN. Memang benar, dengan mengkaktifkan VPN Anda akan menemukan informasi menarik di luar lokasi geografis Anda. Bahkan Anda dapat meng-install aplikasi Play Store dari negara lain. Namun, VPN dapat menyebabkan masalah pada Google Play Store di wilayah Anda tinggal saat ini.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga