Artikel

Review Lenovo Ideapad 310 15ABR, Juara Untuk Multimedia

review Lenovo Ideapad 310 15ABR
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pada kesempatan kali ini Unbox.id berkesempatan untuk menguji kemampuan laptop anyar besutan Lenovo dalam tajuk review Lenovo Ideapad 310 15ABR.

Beragam jenis laptop atau notebook telah tersedia di pasaran guna menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Mulai dari laptop yang berguna untuk melakukan beragam tugas-tugas komputasi ringan, hingga yang ditujukan melahap berbagai kegiatan gaming atau multimedia.

Kali ini tim Unbox.id berkesempatan untuk mengulas salah satu laptop yang diatas kertas terbilang bakal sanggup melahap berbagai kegiatan gaming ataupun multimedia dengan baik. Yup, ini dia laptop hasil kolaborasi AMD dan Lenovo yakni Lenovo Ideapad 310-15ABR. Simak ulasan lengkapnya berikut dalam review Lenovo Ideapad 310 15ABR.

Desain

Saat pertama kali mengeluarkan perangkat ini dari box-nya, kesan berat dan lebar langsung terasa. Wajar memang, mengingat Lenovo Ideapad 310 15ABR memiliki bentang layar seluas 15 inci. Bobotnya yang mencapai sekitar 2 Kg, terasa kurang nyaman untuk diajak bermobilitas sehari-hari.

review Lenovo Ideapad 310 15ABR

Bermodalkan material berbahan plastik yang menyelimuti, bagian cover penutup sangat rentan terhadap jejak-jejak sentuhan jari yang tertinggal. Sebaliknya, pada bagian bawah memiliki tekstur-tekstur kasar. Meski demikian, kesan kokoh tetap terpancar dari Lenovo Ideapad 310 15ABR.

Dengan bodi yang luas, tentu Anda tidak perlu khawatir dengan port yang disediakan. Semua berjajar lengkap dibagian sisi kiri maupun kanan. Mulai dari port USB2.0, VGA, HDMI, RJ45, audio jack 3,5 mm, card reader, hingga CD/DVD Rom yang sudah jarang ditemukan di laptop-laptop terkini.

review Lenovo Ideapad 310 15ABR

Melirik ke bagian dalam, terdapat jajaran keyboard yang cukup empuk dan nyaman ketika digunakan untuk mengetik. Mengingat ukuran laptop yang seluas 15 inci, Lenovo turut membenamkan numeric keypad pada bagian kanan keyboard. Bagi pengguna laptop yang tidak terbiasa dengan keberadaan numeric keypad ini, seperti saya misalnya, mungkin akan sedikit terasa mengganggu ketika  digunakan untuk mengetik.

Layar

Beralih kebagian layar, Lenovo Ideapad 310-15ABR mengusung layar dengan bentang 15 inci dan telah beresolusi FullHD. Berbagai kegiatan multimedia ataupun gaming mampu diproyeksikan dengan cukup nyaman bagi mata pengguna.

review Lenovo Ideapad 310 15ABR

Belum lagi adanya LED backlit pada layar, membuat pengguna makin betah berlama-lama beraktivitas dengan laptop ini. Dengan ukuran layar yang cukup lebar, kegiatan menonton film atau bermain game yang kami coba untuk dengan menggunakan laptop satu ini terasa menyenangkan.

Performa

Lenovo Ideapad 310 15ABR merupakan salah satu buah kerjasama Lenovo dengan AMD. Untuk itu sudah pasti jeroannya pun akan sepenuhnya ditenagai oleh AMD. Unit laptop yang kami uji dalam review Lenovo Ideapad 310 15ABR ini diotaki oleh prosesor AMD generasi ke-7 yakni AMD A12-9700P. Kinerja prosesornya turut ditopang  dengan RAM 8 GB serta memori penyimpanan yang dibenamkan sebesar 1 TB. Sementara itu untuk urusan grafis sepenuhnya dipercayakan pada kartu grafis Radeon R7.

review Lenovo Ideapad 310 15ABR

Lantas bagaimana performanya? Untuk urusan multimedia, laptop ini mampu melahap beragam resolusi video dengan sangat baik. Sedangkan untuk gaming, kami mengujinya dengan beberapa game seperti PES 2017, State of Decay, dan Call of Duty Ghost. Hasilnya game mampu berjalan dengan lancar, namun dengan catatan, laptop harus selalu tersambung ke terminal pengisian daya ketika digunakan untuk bermain game. Jika tidak, game sekelas State of Decay pun hanya mampu menembuh 6 fps. Sepertinya laptop ini cocok untuk pecinta gaming, namun bukan gaming kelas berat.

Berikut beberapa hasil uji benchmark yang tim Unbox.id lakukan saat review Lenovo Ideapad 310 15ABR:

 

Perihal daya tahan baterai laptop satu ini, tim Unbox.id melakukan pengujian dengan menonton film berdurasi sekitar 2,5 jam. Mulai menonton dengan kondisi baterai penuh 100%. Saat film usai, tercatat baterai masih tersisa sebanyak 11%.

Satu lagi yang menjadi nilai lebih dari review Lenovo Ideapad 310 15ABR adalah sektor audio yang dipoles dengan begitu ciamik. Saat pengujian kami lakukan, semburan audio dari speaker laptop terasa begitu bulat ketika digunakan untuk menonton film atau mendengarkan musik.  Hal ini dapat terjadi berkat speaker stereo yang ditanamkan, serta dilengkapi dengan dukungan teknologi Dolby Audio.

Kesimpulan

Berbekal spesifikasi yang terbilang lumayan untuk laptop dikelasnya, Lenovo Ideapad 310 15ABR ini cocok bagi Anda yang mencari laptop multimedia dengan performa mumpuni. Ditambah lagi layar berukuran luas, serta telah mendukung Full HD menjadi nilai lebih untuk laptop satu ini.

Belum lagi audio yang juga dapat dikatakan begitu mumpuni, tentunya akan semakin memanjakan pengguna yang mengutamakan fitur multimedia dari sebuah perangkat laptop.

Bagi pegiat game, laptop ini juga dapat menjadi pilihan, namun bukan untuk game-game anyar tingkat lanjut yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Dengan banderol harga di angka 7 jutaan, rasanya laptop satu ini layak untuk Anda pertimbangkan. Demikian review Lenovo Ideapad 310 15ABR. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda mengenai laptop satu ini.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top